Membuat Widget Audio Music Streamer di Blogspot

hai sobat, gimana nih kabarnya? semoga semua sehat ya. Oh ya, kali ini saya akan menjelaskan sedikit cara simpel gimana sih cara bikin widget audio streamer, seperti di blog-blog kan biasanya ada tuh streamer nya, bentuknya seperti Windows Media Player saat di minimize, dan ini bisa untuk streamer radio juga lho sobat, misal sobat suka dengerin siarannya kaskus radio, nah, pemutarnya itu bisa sobat taruh di blog atau web. Menarik bukan?? dan kurang lebih beginilah screenshoot nya:
Contoh blognya seperti ini.
Langsung saja ya, pertama-tama kita login dulu ke blogger kita, trus masuk ke tab design, klik add a widget, lalu pilih HTML/JavaScript pada jendela yang terbuka.

Isi judul terserah sobat, di sesuaikan saja dengan keinginan, atau tidak di isi juga tidak apa-apa, lalu paste kan kode di bawah ini ke dalam widget yang baru saja dibuat.
<!-- Audio Streaming Widget tutorial by marielfeather.blogspot.com -->
<OBJECT ID="MediaPlayer1" CLASSID="CLSID:22d6f312-b0f6-11d0-94ab-0080c74c7e95" CODEBASE="http://activex.microsoft.com/activex/controls/mplayer/en/nsmp2inf.cab# Version=5,1,52,701" STANDBY="Loading Microsoft Windows® Media Player components..." TYPE="application/x-oleobject" width="280" height="46">
<param name="fileName" value="http://www.domain.com/music/music.m3u">
<param name="animationatStart" value="true">
<param name="transparentatStart" value="true">
<param name="autoStart" value="true">
<param name="showControls" value="true">
<param name="Volume" value="-300">
<embed type="application/x-mplayer2" pluginspage="http://www.microsoft.com/Windows/MediaPlayer/" src="http://www.domain.com/music/music.m3u" name="MediaPlayer1" width=280 height=46 autostart=1 showcontrols=1 volume=-300>
</OBJECT>
<!-- Done -->

Nah, value yang saya warnai biru itu dapat di rubah-rubah sesuai keinginan, untuk yang  http://www.domain.com/music/music.m3u di isi dengan nama doamin dimana sobat ingin streaming atau mendengarkan radio online, alamat yang di bawah juga sama isinya, jangan berbeda, yang true itu bisa di ganti dengan valse, yang angka 1 itu jika sobat menginginkan saat page di buka maka proses streaming langsung berjalan, atau di ganti dengan 0 jika tidak mau otomatis berjalan, terus yang 300 itu adalah pengaturan volume, bisa sobat tuning-tuning lagi nilai itu untuk menyesuaikan dengan keinginan sobat, oh iy, yang ini width="280" height="46 juga masih bisa di setting lagi, di sesuaikan saja dengan keadaan blog sobat, width itu untuk lebarnya, dan height itu untuk tinggi widget, dan jangan berbeda juga antara yang atas dan yang bawah.

Demikian cara simple untuk membuat widget audio music streaming dari saya khusus buat sobat-sobat tercinta...heheheh. Jika ada kesulitan jangan sungkan-sungkan untuk bertanya dengan mengisi komen di bawah, dan terimakasih sobat sudah mau membaca ini. Selamat ber aktifitas :)

5 comments:

Iskaruji dot com said...

Wah asyik nich..bisa ngeblog sambil berdendang..Nice share!

CariTahuYu said...

hehehe...iy biar ga bosen nge blog..thanks gan :)

GStarCreation said...

Terus format lagunya cuman *.m3u ??
kalau mp3 bisa??

Dandi Saseno said...

numpang comment,,, eehhehe :)

http://garielfeather.blogspot.com/

CariTahuYu said...

@gstar..

kayanya bisa gan, kalo format m3u kan daftar playlist, kalo mp3 kan file nya, jadi mesti 1 file 1 widget kalo pake mp3, cmiww :)

Post a Comment